MAHASISWI Semester VII Prodi Psikologi UAD terdiri dari Fatimah Azzahra, Aldasya Devi Latfianti, Ainun Zanjabila Maksurah dan Dhea Alifia Subyantoro, membuat satu permainan untuk memberi pengaruh terhadap psikologi remaja, khususnya di SMA Negeri 1 Ngemplak, Sleman, dalam masa pandemi Covid-19.
Bentuk permainan itu dilakukan secara manual melalui game board dan secara online lewat aplikasi “The Hexa Personality Game”.
Di bawah bimbingan Dessy Pranungsari, MPsi.Psi, mereka memerlukan waktu 10 untuk persiapkan game itu sebagai permainan edukasi bagi siswa SMA. “Supaya kondisi kejiwaannya tertata dan terkontrol,” kata Fatimah Azzahra selaku ketua tim, Selasa (2/11/2021).
Permainan memberikan pengaruh terhadap psikologi remaja. Dan sebuah permainan psikologi berbasiskan teori kesejahteraan psikologi diciptakan mahasiswi Prodi Psikologi UAD Yogyakarta. Dalam PIMNAS ke-34 di Universitas Sumatera Utara (USU), permainan itu meraih medali perak.
Fatimah mengamati, selama pandemi Covid-19 banyak siswa yang secara emosi tidak terkontrol. “Sehingga memerlukan pendampingan,” tandasnya.
Aplikasi permainan itu dapat diunduh di playstore. Guru, orang tua dan masyarakat lainnya bisa mengikuti untuk membentuk kondisi jiwa siswa yang lebih sejahtera.
Saat ini, baru satu sekolah yang menggunakan permainan tersebut. Direncanakan, sekolah-sekolah banyak menerapkan permainan itu untuk membentuk kesejahteraan psikologis pada siswa.
Kesejahteraan psikologis yang dimaksud adalah kemampuan individu untuk menerima diri. Sehingga individu mampu merumuskan tujuan hidup dan memiliki keinginan untuk mengembangkan dirinya.
Objek game itu berbentuk segi enam, yang setiap pinggirannya ada bentuk segi empat dengan warna yang berbeda.
Setiap pemain memiliki warna tersendiri, yang tidak boleh menduduki kotak segi empat itu dengan warna yang sama.
Permainan itu bisa dilakukan oleh enam orang. Mereka melempar dadu, kemudian menjalankan permainan melewati setiap segi empat sesuai dengan angka dadu.
Jika pemain berada di kotak dengan warna yang berbeda, maka ia akan mendapatkan satu kartu sesuai dengan warna kotak tersebut. Di dalam kartu itulah kemudian terdapat pertanyaan tentang kepribadian yang harus dijawab oleh pemain. (Fan)